Ketahuilah, Ini Bahaya Bayi Minum Air Putih Dibawah Usia 6 Bulan

Tahukah Anda bahaya bayi minum air putih dibawah usia 6 bulan bagi kesehatan tubuh? Bayi memang membutuhkan cairan untuk melengkapi kebutuhan tubuhnya, namun bukan berarti melengkapi kebutuhan cairan tubuh bayi dengan memberi air putih.

Memberikan air putih pada balita yang masih kurang dari 6 bulan bisa beresiko gangguan pencernaan, sebab sistem pencernaan bayi masih belum sempurna.

Untuk itu pemberian air putih ke bayi ini dilarang agar ia terhindar dari gangguan sistem pencenaan dalam tubuhnya.

Hemmm…. lalu kira-kira apa bahaya bayi minum air putih dibawah usia 6 bulan ini? agar informasi yang didapatkan semakin jelas, mari simak ulasan berikut.

Ini bahaya bayi minum air putih dibawah usia 6 bulan

Menyebabkan infeksi bakteri
Salah satu dampak buruk bayi minum air putih dibawah usia 6 bulan adalah terserang infeksi bakteri. Hal ini terjadi karena air yang diminum bayi proses pengolahannya tidak higienis serta sistem organ tubuh bayi belum bisa menerima.

Bila hal ini terjadi pada bayi, maka ia akan mengalami masalah gangguan kesehatan akibat penurunan fungsi sistem pencernaan tubuh. Umumnya masalah ini terjadi karena air yang diminum bayi terjangkit kuman, atau bisa juga masalah ini timbul karena sistem imun yang lemah.

Perkembangan otak terganggu

Dampak buruk bayi minum air putih dibawah usia 6 bulan adalah perkembangan otaknya mengalami gangguan. Penyebabnya adalah air putih yang dikonsumsi bayi menimbulkan senyawa elektrolit serta sel darah tercemari.

Bila hal ini terjadi pada tubuh bayi, maka hal ini bisa berakibat buruk bagi kesehatannya. Dampak buruk yang akan dialami bayi, diantaranya gangguan jantung, aktivitas otak dan paru-paru.

Ginjal rusak
Selain hal diatas bahaya bayi minum air putih dibawah umur 6 bulan adalah ginjalnya rusak. Bila ginjal bayi mengalami kerusakan, maka akan timbul masalah sistem pencernaan dalam tubuhnya.

Kerusakan ginjal yang diderita bayi ini disebabkan karena terlalu memaksa mengkonsumsi air putih sebelum waktunya, sedangkan waktu umur dibawah 6 bulan ginjal bayi masih belum bisa difungsikan dengan maksimal.

Nah, demikian tadi beberapa bahaya bayi minum air putih dibawah usia 6 bulan yang perlu diperhatikan baik-baik. Semoga sedikit ulasan informasi diatas tadi yang kami bagikan mengenai bahaya bayi minum air putih dibawah 6 bulan bermanfaat.